Search This Blog

Apa itu Waveguide ?

RuangKuli - Waveguide merupakan struktur yang memandu gelombang, seperti gelombang elektromagnetik (microwave) dengan Freakuensi 300 Mhz-300GHZ atau gelombang suara. Ada berbagai jenis Waveguide untuk setiap jenis gelombang. Yang asli dan paling umum artinya adalah pipa logam kosong digunakan untuk tujuan ini.

waveguide [https://anantoep.files.wordpress.com/2012/08/wp-cst1.png?w=292&h=178]


Waveguides berbeda dalam geometri yang dapat membatasi energi dalam satu dimensi seperti di lempengan waveguides atau dua dimensi seperti dalam serat atau saluran waveguides. Selain itu, waveguides berbeda diperlukan untuk memandu frekuensi yang berbeda: membimbing serat optik laser (frekuensi tinggi) tidak akan memandu gelombang mikro (yang memiliki frekuensi yang jauh lebih rendah). Sebagai aturan praktis, yang lebar Waveguide perlu urutan yang sama besarnya sebagai petunjuk panjang gelombang dari gelombang.

waveguide ( Wikipedia )


Prinsip Kerja Waveguide :
Gelombang di ruang terbuka menyebarkan ke segala arah, seperti gelombang sferis. Dengan cara ini mereka kehilangan kekuasaan mereka secara proporsional dengan kuadrat jarak: yaitu, pada jarak R dari sumber daya daya sumber dibagi dengan R2. The Waveguide membatasi untuk propagasi gelombang dalam satu dimensi, sehingga tidak kehilangan (dalam kondisi ideal) kekuasaan sementara propagasi.
Gelombang Waveguide terkurung di dalam karena untuk menyelesaikan Waveguide refleksi dari dinding, sehingga di dalam propagasi Waveguide kira-kira dapat digambarkan sebagai "zig-zag" antara dinding. Gambaran ini tepat untuk gelombang elektromagnetik dalam empat persegi panjang atau tabung logam bundar berlubang.

Penggunaan Waveguide
Penggunaan untuk transmisi sinyal waveguides dikenal bahkan sebelum istilah ini diciptakan. Fenomena gelombang suara dipandu melalui kawat tegang ha telah dikenal untuk waktu yang lama, serta suara melalui pipa berlubang seperti gua atau stetoskop medis. Penggunaan lain dalam transmisi waveguides kekuasaan antara komponen-komponen dari suatu sistem seperti radio, radar atau perangkat optik.
Optical serat cahaya dan mengirimkan sinyal untuk jarak jauh dan dengan tingkat sinyal yang tinggi.
* Dalam microwave oven Waveguide memimpin sebuah kekuatan dari magnetron di mana gelombang dibentuk untuk ruang memasak.
* Dalam radar, sebuah Waveguide gelombang mengarah ke antena, di mana mereka perlu impedansi cocok untuk transmisi daya yang efisien (lihat di bawah).
* A Waveguide disebut stripline dapat dibuat pada printed circuit board, dan digunakan untuk mengirimkan sinyal gelombang mikro di papan tulis. Waveguide jenis ini sangat murah untuk memproduksi dan memiliki dimensi kecil yang muat dalam PCB.
* Waveguides digunakan dalam instrumen ilmiah untuk mengukur optik, akustik dan sifat elastis bahan dan benda. Yang Waveguide dapat diletakkan di kontak dengan spesimen (seperti dalam sebuah Kedokteran USG), dalam hal ini Waveguide memastikan bahwa kekuatan gelombang pengujian adalah kekal, atau spesimen dapat diletakkan di dalam Waveguide (seperti dalam pengukuran konstanta dielektrik [6]), sehingga benda-benda yang lebih kecil dapat diuji dan akurasi yang lebih baik.

Diatas 2 GHz, waveguide cukup pendek untuk memperbolehkan pemindahkan energi yang praktis dan efisien dengan cara-cara yang berbeda. Sebuah pandu gelombang adalah sebuah tabung konduksi dimana energi dipancarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Tabung tersebut beraksi sebagai batas yang mengurung gelombang-gelombang tersebut dalam sebuah ruangan tertutup. Efek sangkar Faraday mencegah efek-efek elektromagnetik agar tidak muncul diluar pandu. medan elektromagnetik dipropagasikan melalui pandu gelombang dengan refleksi terhadap dinding bagian dalamnya, yang dianggap sebagai konduktor sempurna. Intensitas medan sangat besar di pusat sepanjang dimensi X, dan harus berkurang sampai nol di akhir dinding karena keberadaan medan apapun yang paralel dengan dinding di permukaan dapat menimbulkan arus tak terbatas yang mengalir dalam sebuah konduktor sempurna. Pandu gelombang tentunya tidak dapat mengangkut RF dalam cara ini.

sumber : http://zakasz.blogspot.co.id/2010/02/waveguide.html

0 komentar:

Post a Comment